Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP MENGGUNAKAN SOAL TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Mariska, Revi (Unknown)
Ratnasari, Ratnasari (Unknown)
Nurvicalesti , Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Keterampilan numerasi memegang peran penting dalam menghadapi tantangan matematika sehari-hari. Penelitian ini mengkaji perbedaan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa sebelum dan setelah penerapan soal tipe AKM Numerasi dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 02 Belitang. Desain yang dipakai merupakan Pre Eksperimental dengan One Group Pretest Posttest Design, dengan data diambil dari tes awal dan tes akhir dalam satu kelompok eksperimen di sekolah tersebut. Metode kuantitatif digunakan bertujuan menguji hipotesis yang telah dirumuskan, dimana variabel bebasnya adalah soal tipe AKM dan variabel terikat yaitu kemampuan numerasi siswa. Populasi pada penelitian ini meliputi semua siswa kelas VII di SMP Negeri 02 Belitang, menggunakan sampel satu kelas yaitu kelas VII.2, dengan jumlah 30 siswa. Data diperoleh melalui tes pretest dan posttest. Temuan analisis membuktikan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa setelah intervensi. Nilai t yang dihitung sebesar 1,984 dengan tingkat signifikansi p < 0,05, mengidentifikasikan adanya perbedaan di antara kemampuan numerasi siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan latihan soal AKM. Rata-rata persentase N-gain sebesar 57,08% menggambarkan penggunaan soal tipe AKM Numerasi efektif meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...