Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN BIASA

Simanjuntak, Sinta (Unknown)
Sitepu, Israil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran biasa matematika SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Budi murni 2 Medan tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah question experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Melalui teknik random sampling diperoleh kontrol yang terpilih adalah kelas IX-6, dan kelas eksperimen adalah kelas IX-3. Data dikumpulkan melalui angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Ditambah juga analisis deksriptif untuk menggambarkan gaya belajar, minat belajar dan kesiapan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran diferensiasi dengan strategi pembelajaran biasa. Penggunaan strategi pembelajaran diferensiasi lebih baik diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal ini guru, sangat penting untuk memiliki kemampuan memilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk mengajar di kelas. Karena pilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan faktor utama dalam mencapai kesuksesan dalam hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...