Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 8 SMP Katolik Budi murni 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk pertemuan pertama adalah 40% dan pertemuan kedua adalah 71,11%, sehingga aktivitas siswa dapat dikategorikan meningkat dan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi siswa dengan pembelajaran matematika realistik dibandingkan pembelajaran biasa. Pembelajaran matematika realistik lebih baik dan lebih efisien diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Copyrights © 2025