Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Padudi (Papan dadu diagram batang) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk posttest only control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 236 Palembang, Sampel penelitian adalah kelas IV. B yang berjumlah 22 siswa dan kelas IV.C yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttes kelas eksperimen adalah 86.14 dan hasil posttes kelas kontrol adalah 69.20. Hasil hipotesis yang didapat dari uji independent t-test (uji-t) bahwa diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan dadu diagram batang (Padudi) terhadap hasil belajar materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang.
Copyrights © 2025