AKSIOMA
Vol. 3 No. 2 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs NEGERI PALU SELATAN

Putri Nurmadinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitan mengacu pada desain penelitian Kemmis and Mc Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga di Kelas VII MTs Negeri Palu Selatan, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian kelompok, 4) membimbing kelompok belajar dan bekerja, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman; dan Luas daerah segitiga

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...