AKSIOMA
Vol. 4 No. 1 (2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SOJOL

Sitti Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2015

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sojol yang terdaftar pada tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan meng­gunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang mengikuti pem­belajar­­an menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas X MIA SMA Negeri 1 Sojol. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe NHT, pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...