AKSIOMA
Vol. 4 No. 1 (2015)

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN

Norma (Unknown)
Idris, Mustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tondo pada materi irisan dan gabungan himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiĀ­an tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc.,Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan mengikuti langkah-langkah yaitu (1) membina suasana yang,responsif di antara siswa, (2) mengemukakan permasalahan untuk ditemukan pemecahannya, (3) mengajukan pertanyaan kepada siswa, (4) merumuskan hipotesis, (5) menguji hipotesis, dan (6) perumusan keputusan Kata Kunci: penemuan terbimbing; pemahaman; irisan dan gabungan himpunan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...