AKSIOMA
Vol. 11 No. 1 (2022): AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako

REFLEKSI PENILAIAN KONTRIBUSI PADA TEAM-BASED PROJECT SECARA DARING

Nasir, Rahma (Unknown)
Maknun, Churun Lu’lu’il (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran berbasis MBKM menjadi isu hangat ditingkat perguruan tinggi karena setiap perguruan tinggi memiliki target mencapai persentase mata kuliah S1 yang menggunakan pemecahan kasus dan proyek tim sebagai bobot evaluasi. Kriteria evaluasi yaitu 50% (lima puluh persen) dari bobot nilai akhir harus berdasarkan kualitas partisipasi diskusi kelas (case method) dan/atau presentasi akhir pembelajaran proyek berbasis kelompok (team-based project). Namun cenderung sulit untuk menemukan informasi secara teknis tentang cara melaksanakan penilaian proyek kelompok secara daring. Langkah-langkah untuk memfasilitasi pembelajaran proyek yaitu design, execute, assess dan reflect. Refleksi dilakukan bukan hanya pada akhir proyek tetapi pada proses. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan refleksi penilaian proses kerja kelompok mahasiswa secara daring. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa yang memprogram mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif. Mahasiswa diberikan tugas untuk menyusun draft proposal terkait permasalahan pembelajaran matematika. Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok di google document, sehingga pengajar dapat melihat riwayat pengerjaan tugas. Nama dan waktu mahasiswa terekam selama proses pengerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90,9 % menyatakan bahwa proses evaluasi kerja kelompok menggunakan google doc belum jelas dan belum baik. Sehingga peneliti menyimpulkan dari hasil reflesi untuk menentukan alternatif lain dalam mengevaluasi kerja kelompok mahasiswa secara daring yaitu menggunakan peer and self assessment.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...