Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sarana prasarana pendidikan, proses pembelajaran dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Mujahidin Tolitoli. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2014/2015 pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Mujahidin Tolitoli yang berjumlah 428 orang. Berdasarkan pada jumlah populasi maka diperoleh sampel yang ditarik berdasarakan rumus slovin dengan tingkat kepercayaan 10% adalah 81,06 yang dibulatkankan menjadi 82 responden. Alat yang digunakan dalam pembuktian hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan sarana prasaran pendidikan, proses pembelajaran dan kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai Square 0,765 atau 76,50% yang berarti variabel kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh variabel sarana prasarana pendidikan, proses pembelajaran dan kompetensi dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Mujahidin Tolitoli, selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel sarana prasaran pendidikan dan proses pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan variabel kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa dengan tingkat signifikasi 0,738 > 0,05 yang berarti kompetensi dosen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Mujahidin Tolitoli.
Copyrights © 2020