Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2021)

INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA PADA PEMBELAJARAN SAINS

Mustaqim, Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Tulisan ini hendak mengintegrasikan permainan tradisional perspektif Ki Hadjar Dewantara pada pembelajaran sains. Permainan tradisional menurut Ki Hadjar Dewantara adalah pendidikan ideal untuk anak. Melalui permainan, anak akan mampu mengembangkan aspek kognisi, afeksi dan psikomotorinya. Proses kontruksi pengetahuan alami dalam permainan tradisional menggunakan pendekatan etnosains. Metodologi dalam kajian ini menggunakan studi pustaka atau studi literatur yang dilakukan dengan menggali dan mengkaji berbagai teori dan praksis melalui penelusuran literatur dari buku-buku, penelitian-penelitian, jurnal ilmiah dan berbagai data dan fakta dalam bentuk teks. Hasil kajian ini adalah bahwa pengetahuan sains alami pada permainan tradisional dapat digali dan dikontruksi dengan menggunakan pendekatan etnosains. Pendekatan etnosains dimaksudkan untuk melihat dan mengungkap prinsip-prinsip yang penting dari aktifitas permainan tradisional anak yang sebelumnya tidak diketahui fungsi ilmiah yang sebenarnya. Integrasi permainan tradisional dalam pendidikan sains dapat diupayakan melalui pemuatan nilai-nilai sains yang terkandung dalam permainan tradisional ke dalam pembelajaran sains. Proses integrasi pengetahuan sains alami dalam permainan tradisional dapat dilakukan pertama, melalui pemberian materi permainan tradisional kepada anak didik. Kedua, permainan tradisional digunakan sebagai metode penyampaian materi sains.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...