Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 2 (2024)

INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Bintang, Zakaria Bintang Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Upaya menangkal faham radikalisme harus dimulai dan ditanamkan sejak dini. Implementasi dari hal tersebut bisa dimulai dari institusi di jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai religious moderation atau moderasi beragama dalam pemberian materi dan dalam kegiatan pembelajaran. Upaya tersebut akan terealisasi jika terjalin komunikasi aktif antara guru dan murid serta bantuan pemangku kebijakan. Penilitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Bahasa Inggris di MI dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengintegrasian tersebut membuat siswa termotivasi untuk belajar, mengurangi tekanan dalam pembelajaran, dan membantu meningkatkan skill bahasa inggris siswa. Lebih dari pada itu, peng integrasian nilai-nilai moderasi beragama dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang keberagaman budaya dan agama, sehingga mereka lebih mempunyai sifat toleransi antar teman dilingkungan sekolah dan antar manusia di lingkungan Masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...