Upaya menangkal faham radikalisme harus dimulai dan ditanamkan sejak dini. Implementasi dari hal tersebut bisa dimulai dari institusi di jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai religious moderation atau moderasi beragama dalam pemberian materi dan dalam kegiatan pembelajaran. Upaya tersebut akan terealisasi jika terjalin komunikasi aktif antara guru dan murid serta bantuan pemangku kebijakan. Penilitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Bahasa Inggris di MI dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengintegrasian tersebut membuat siswa termotivasi untuk belajar, mengurangi tekanan dalam pembelajaran, dan membantu meningkatkan skill bahasa inggris siswa. Lebih dari pada itu, peng integrasian nilai-nilai moderasi beragama dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang keberagaman budaya dan agama, sehingga mereka lebih mempunyai sifat toleransi antar teman dilingkungan sekolah dan antar manusia di lingkungan Masyarakat.
Copyrights © 2024