Penanaman nilai-nilai karakter menjadi salah satu bagian yang tak dapat dipisahkan. Karena, karakter menjadi salah satu fungsi terbaik jati diring seseorang dalam kehidupannya. Namun, saat ini penanaman nilai-nilai karakter masih belum menemukan formula strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di Rumah Anak Sholeh (RAS) yang merupakan lembaga nonprofit yang fokus pada penanaman karakter pada anak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa hakikatnya strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terbagi menjadi dua bagian yaitu penanaman melalui berbagai metode khas RAS, dan penanaman melalui media. Hakikatnya strategi yang digunakan didasarkan pada kebutuhan psikologis anak-anak, hanya saja RAS memiliki strategi khusus sehingga dalam pelaksanaannya terdapat strategi yang memiliki ke-khas-an.
Copyrights © 2024