ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar

Pendekatan Diferensiasi dalam Pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Komala Putri, Rila (Unknown)
Fadila, Fani (Unknown)
Fauziah, Rara (Unknown)
Febrinita, Sagina (Unknown)
Raihan Ghalib, M (Unknown)
Muhammad Alfi, Legisan (Unknown)
Adyna Movitaria, Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan diferensiasi dalam pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan diferensiasi adalah metode pembelajaran yang berfokus pada pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan individu siswa yang melibatkan siswa secara aktif sesuai karakteristiknya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber teoritis terkait pendekatan diferensiasi, kurikulum merdeka, dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan membedakan isi, proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas bagi pendidik untuk menyesuaikan kurikulum dan strategi pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Disarankan untuk melakukan asesmen diagnostik guna mengidentifikasi profil belajar siswa dan menerapkan pembelajaran sesuai karakteristik siswa dalam kerangka kurikulum merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elm

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar adalah jurnal terkemuka yang berstatus peer-review dan open access. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah dari peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Fokus utama jurnal ini adalah pada isu-isu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan ...