Amaliyatu Tadris (AMYTA)
Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus

Metode Pembelajaran Diskusi Anak-Anak, Penerapan Pembelajaran Inovatif di MI Roudlotul Ulum Mojokerto

Listyawati, Muklisatum (Unknown)
Muzdaliva, Nadlifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Learning is a process carried out by individuals to obtain a new change in behavior as an experience in interacting with their environment. The aim of this research is to find out the existence of children's discussion learning methods, the application of innovative learning in grade 4 MI Roudlotul Ulum Mojokerto is important. This study uses a qualitative method. Qualitative methods are methods that focus on in-depth observation. Therefore, the use of qualitative methods in research can produce a more comprehensive study of a phenomenon. Data collection techniques obtained from the results of observations and tests on the application of the discussion method have been proven to increase children's achievement, courage, expressing opinions, and children's argumentation. A teacher can be said to be successful in the learning process if a teacher is able to carry out the method according to the steps of the method effectively. According to Hamdani (2010: 55) the way to measure effectiveness is to determine the transferability of the principles being studied. To be able to properly assess the effectiveness of a method, researchers want to examine one method that is often used by teachers, namely the discussion method. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru sebagai pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya metode pembelajaran diskusi anak-anak, penerapan pembelajaran inovatif di MI Roudlotul Ulum Mojokerto kelas 4 itu penting adanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Metode kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Teknik pengumpulan data di peroleh dari hasil observasi dan tes penerapan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan prestasi anak, keberanian, mengemukakakn pendapat, serta anak telah beragumentasi. Seorang guru dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran apabila seorang guru sudah mampu untuk menjalakan metode sesuai dengan langkah-langkah dari metode secara efektif. Menurut Hamdani (2010: 55) cara untuk mengukur efektivitas adalah dengan menentukan cara transferbilitas (kemampuan memindahkan) prinsip-prinsip yang dipelajari. Untuk dapat menetili efektivitas suatu metode dengan baik, peneliti ingin meneliti satu diantara metode yang sering digunakan oleh guru yaitu metode diskusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

amyta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam ...