Amaliyatu Tadris (AMYTA)
Vol. 3 No. 2 (2025): Februari

Rekonstruksi Nilai Kepemimpinan Islam melalui Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah ibtidaiyah: Suatu Kajian Pustaka

-, Afidatusholikha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah berperan penting dalam membentuk kesadaran historis dan nilai moral peserta didik. Namun, praktik pembelajarannya sering masih berorientasi pada hafalan fakta sejarah tanpa menggali makna dan relevansinya bagi kehidupan modern. Artikel ini mengkaji secara konseptual penerapan pendekatan deep learning sebagai paradigma pedagogis alternatif dalam pembelajaran SKI. Penelitian dilakukan melalui metode library research dengan analisis isi terhadap literatur yang relevan mengenai teori deep learning, pedagogi Islam, dan pendidikan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa deep learning menekankan pemahaman mendalam, refleksi nilai, dan penerapan kontekstual melalui tiga tahapan utama: eksplorasi konseptual, refleksi nilai, dan aplikasi kontekstual. Pendekatan ini memungkinkan peserta didik tidak hanya memahami peristiwa sejarah, tetapi juga meneladani nilai-nilai kepemimpinan para Khulafaur Rasyidin seperti kejujuran, amanah, dan keadilan. Implikasinya, guru berperan sebagai fasilitator reflektif dan perancang pengalaman belajar bermakna, dengan dukungan kurikulum integratif dan teknologi digital. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip ta’dīb dan tazkiyah dalam pendidikan Islam, serta mendukung pembentukan pelajar berkarakter religius, reflektif, dan kontekstual sesuai tuntutan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

amyta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam ...