Kecerdasan emosional memainkan peran penting dalam perkembangan anak-anak usia dini, memengaruhi kemampuan mereka untuk memahami emosi, mengelola perasaan, menunjukkan empati, dan membentuk hubungan sosial dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana teknik peran-peran digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun di RA Babussalam. Metode kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan peran bermain secara signifikan meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak, ditandai dengan peningkatan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menamai emosi, mengelola perasaan saat terjadi perselisihan, menunjukkan empati, dan membangun hubungan sosial yang lebih efektif. Oleh karena itu, penggunaan peran bermain dapat dianggap sebagai pendekatan instruksional yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada masa kanak-kanak.
Copyrights © 2025