Journal of Islamic Science Community
Vol. 3 No. 1 (2024)

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDUSTRI TEMPE DAUN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TAHUN 2023/2024 (STUDI KASUS DI DUSUN NGEMBEL NGRAYUN PONORORGO)

Heryanda, Rizki (Unknown)
Saftiana, Siti (Unknown)
Khusna Aisi, Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Strategi pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan suatu bisnis atau usaha. Di Indonesia terdapat berbagai jenis lahan pertanian yang cocok untuk berbagai tanaman, seperti lahan tegalan yang bisa ditanami jenis tanaman jagung, kedelai ataupun umbi-umbian, lahan sawah bisa ditanami padi, dan lahan perkebunan bisa ditanami kelapa sawit, pisang dan lain sebagainya. Pengelolahan kedelai di Indonesia tentunya menjadi hal yang umum sebagai produk yang bernilai tambah dapat meningkatkan nilai jualnya. Ketika permintaan akan produk kedelai meningkat, hal ini dapat berdampak positif bagi para petani dan penjual kedelai. Selain itu juga, kedelai termasuk sebagai bahan pangan pokok yang banyak diminati masyarakat. Contohnya seperti olahan makanan industri tempe daun yang ada di Dusun Ngembel Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

isc

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ISC: Islamic Science Community adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ponorogo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dan bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan penerapan ilmu ...