KAMBIK : Journal of Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 (2023)

IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT: IDENTIFICATION OF STUDENT ERRORS IN SOLVING QUADRATIC EQUATION AND SQUARE FUNCTION QUESTIONS

Muhammad Fathurrahman (Unknown)
Agus Salim Ba'diah (Unknown)
Abdul Kadir Husain (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dalam pendidikan matematika merupakan salah satu pelajaran yang selalu menyulitkan siswa. Para siswa mendapati berbagai macam kesulitan dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesahalan siswa dalam penyelesaian soal Fungsi kuadrat dan persamaan kuadrat di SMA Negeri 1 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Subjek penelitian ini 31 siswa kelas XI. Letak kesalahan dalam penelitian ini adalah 1. Kesalahan memahami soal; 2. Kesalahan tidak melanjutkan proses; 3 kesalahan tidak menyelesaikan soal; 4. Kesalahan tidak menjawab soal. Berdasalkan Hasil penelitian diperoleh kesalahan dalam memahami soal sebanyak 70%. Kemudian kesalahan tidak menyelesaikan soal sebanyak 66%, serta kesalahan tidak melanjutkan proses 46% dan kesalahan yang dialami siswa paling sedikit adalah kesalahan tidak menjawab soal sebanyak 38%. Kurangnya pemahamann konsep dalam pelajaran matematika membuat siswa kerap sering lupa dan tidak mengetahui cara menyelesaikan soal matematika. Guru sebagai fasilisator dapat memberikan pelajaran yang menekankan kepada penguasaan konsep. Kata kunci: analisis kesalahan, pembelajaran matematika, pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

KAMBIK: Journal of Mathematics Education merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian dari Dosen, Peneliti, Guru dan Praktisi Pendidikan dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup artikel yang diterbitkan oleh KAMBIK: Journal of Mathematics Education ...