Penelitian ini merupakan rangkuman kasus-kasus kesalahan berbahasa Indonesia pada mahasiswa penutur asing di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik studi pendahuluan sebagai media pengumpulan data. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis sebagian besar kesalahan terjadi pada bidang sintaksis yang meliputi ejaan, kalimat yang tidak efektif dan bentuk-bentuk yang keliru. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan bahasa ibu dengan bahasa asing mendominasi cara seseorang dalam berbahasa. Dengan demikian, evaluasi setelah pembelajaran perlu dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut. Oleh karena itu, prinsip-prinsip rujukan pembelajaran BIPA perlu dijadikan pedoman dalam pembelajaran, sehingga domain materi pembelajaran pada awal kursus atau pembelajaran untuk mahasiswa penutur asing yang benar-benar belajar dari nol harus berfokus terlebih dahulu pada kosa kata bertahan hidup, kegiatan sehari-hari, dan lingkungan sekitarnya.
Copyrights © 2024