Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam pelaksanaan pembelajarannya juga perlu diadakan perubahan-perubahan sebagaimana tuntuntan kurikulum Merdeka yaitu menyajikan dalam bentuk metode pembelajaran pada penyajian masalah kontekstual, kemampuan memecahkan masalah, memberikan kesempatan yang luas dan melatih cara berpikir peserta didik dan bernalar kritis dalam menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini hasil belajar yang merupakan variabel terikatnya adalah hasil belajar untuk siswa kelas X P1 SMK Saraswati 3 Tabanan. Penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran PBL pada Tahap I terlihat peningkatan kemampuan belajar siswa menjadi 79,65, dari hasilini sebenarnya sudah mencapai standar KKM yang telah ditetapkan, namun bersama dengan guru melihat dari peningkatan tahap I dan semangat belajar siswa bahwa hal tersebut masih dapat ditingkatkan, kemudian dilaksanakan siklus II, dari siklus II diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa meningkat kembali mencapai 88,75.
Copyrights © 2023