Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ SMKN 1 NARMADA DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA MATERI BARISAN DAN DERET SEMESTER GANJIL 2021/2022

Nugrahawati, Dwi Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI Tenik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 1 Narmada. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 1 September 2021, guru matematika di SMKN 1 NARMADA masih mengggunakan model pembelajaran klasikal, sehingga saat berlangsungnya proses pembelajaran sering kali dijumpai adanya siswa yang tidak berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan adanya kecendrungan siswa yang tidak mau bertanya kepada guru meskipun sebenarnya belum mengerti dengan materi yang disampaikan oleh guru. Metode brainstorming merupakan strategi pembelajaran yang mampu merangsang siswa untuk selalu siap dan aktif berfikir dalam menyatakan pendapat yang berhubungan dengan masalah yang diberikan oleh guru untuk berfikir dengan cepat dan tersusun logis. Metode brainstorming akan menguras habis apa yang dipikirkan para siswa dalam menanggapi masalah yang dilontarkan guru dikelas tersebut. Tujuan penelitian adalah dengan menerapkan Metode BrainStirming dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian PTK, subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 NARMADA yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data tes evaluasi hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh pensentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 64,5%. Siklus II diperoleh hasil ketuntasan klasikal siswa sebesar 90,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan Metode brainstormingdapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 NARMADA pada materi Barisan dan Deret tahun pelajaran 2021/ 2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...