Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI

Sri, Willis Ika Widyaning (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi mengubah bentuk energi di SDN Banaran O2, Kec. Geger, Kab. Madiun, Provinsi Jawa Timur. Melibatkan 9 siswa dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, penelitian ini memberikan gambaran yang mendalam tentang dampak PBL terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan tes pemahaman konsep, observasi keterlibatan siswa, dan angket minat belajar. Siklus pertama menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 6 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus kedua, hasil tes pemahaman konsep semakin membaik, dengan 8 siswa melampau KKM. Dalam persentase, terjadi peningkatan yang mencolok. Pada siklus pertama, 67% siswa memenuhi KKM, sementara pada siklus kedua, persentasenya meningkat menjadi 89%. Selain itu, rata-rata peningkatan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 adalah sebesar 30%. Hal ini menandakan bahwa penerapan PBL memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan berhasil meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Analisis statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai awal dan akhir tes pemahaman konsep di setiap siklus. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, seiring dengan peningkatan persentase siswa yang mencapai atau melampaui KKM, serta peningkatan minat belajar siswa sebesar 30%. Implikasi dari hasil ini memberikan dasar yang kuat bagi implementasi PBL di SDN Banaran O2, memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, terutama pada materi sains yang kompleks

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...