Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

ANALISIS MISKONSEPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR

Kuyani Desi Safitri (Unknown)
Baiq Anisa Arifiati (Unknown)
Lidyawati (Unknown)
Para Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Abstrak : Karya ilmiah ini merupakan studi literatur yang membahas tentang miskonsepsi pembelajaran matematika pada guru dan siswa di sekolah dasar berdasarkan berbagai informasi seperti buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lainnya. Empat jurnal yang digunakan sebagai sumber teori dalam penelitian ini, sehingga data dan teori yang digunakan relative lugas dan akurat. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber informasi diperoleh dari penelitian terhadap 6 jurnal terpilih tentang miskonsepsi pembelajaran matematika pada guru dan siswa di sekolah dasar. Dari penelitian ini diperoleh data bahwa hal-hal yang telah kita pelajari kadang-kadang tidak membantu dalam mempelajari konsep atau teori baru. Ini terjadi ketika konsep atau teori baru tidak konsisten dengan materi yang dipelajari sebelumnya Oleh karena itu, pembelajaran memerlukan penggantian atau pengorganisasian kembali pengetahuan guru secara radikal. Melalui pelatihan kemahiran matematika, miskonsepsi dapat diganti atau dihilangkan dengan cara mengubah kerangka kerja pengajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...