Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 1 No. 2 (2023): OKTOBER

PEMANFAATAN PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 6 SD INPRES FOTILO

Tafuli, Martheda A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan permainan edukatif teka-teki silang dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan membaca siswa kelas 6 SD Inpres Fotilo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes bacaan dan lembar observasi untuk mencatat tingkat keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, baik untuk siswa laki-laki maupun perempuan. Tingkat keterlibatan siswa juga dinilai tinggi, menunjukkan kesuksesan intervensi dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang aktif dan berorientasi pada siswa. Pada siklus pertama, terdapat 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dengan rata-rata skor membaca siswa laki-laki adalah 75, sedangkan rata-rata skor membaca siswa perempuan adalah 80. Hal ini menunjukkan bahwa pada awal intervensi, siswa perempuan memiliki rata-rata skor membaca yang sedikit lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca baik pada siswa laki-laki maupun perempuan. Rata-rata skor membaca siswa laki-laki meningkat menjadi 85, sedangkan rata-rata skor membaca siswa perempuan meningkat menjadi 90. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa intervensi menggunakan permainan edukatif teka-teki silang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 6 SD Inpres Fotilo, baik siswa laki-laki maupun perempuan. Meskipun terdapat perbedaan dalam rata-rata skor membaca antara siswa laki-laki dan perempuan, namun keduanya mengalami peningkatan yang signifikan setelah intervensi dilakukan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...