Berdasarkan temuan observasi, peneliti menyimpulkan bahwa prestasi akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran sains di SDK Rakalaba, sangat buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas pemanfaatan Lesson Study dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDK Rakalaba. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 33 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui penilaian hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa pada mata pelajaran IPA di SDK Rakalaba telah menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dengan rata-rata hasil meningkat sebesar 75%, daya serap sebesar 80%, dan ketuntasan belajar sebesar 85% dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan penerapan Lesson Study. Oleh karena itu, penerapan Lesson Study dinilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan peneliti bagi sekolah dan guru SDK Rakalaba untuk memperkenalkan kegiatan Lesson Study pada kelas mata pelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024