Jurnal Ilmiah Mandalika Education
Vol. 3 No. 1 (2025): APRIL

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA METAMORFOSIS MENGGUNAKAN GAME EDUKASI

Alvin Zebua (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi metamorfosis melalui penerapan game edukasi di kelas IV SD Negeri 074053 Duria Hilisebua pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, terdiri atas 8 laki-laki dan 12 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa, dari 20% pada tahap pra tindakan menjadi 65% pada siklus I dan mencapai 90% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan, dari 61,15 menjadi 73,25 dan 83,75. Penerapan game edukasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat, partisipasi aktif, serta pemahaman konsep siswa terhadap materi metamorfosis. Dengan demikian, penggunaan game edukasi disarankan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MADU

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mandalika Education terbit 2 kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Mandalika Education berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di Bidang Pendidikan, Sains, Ilmu Terapan, dan Ilmu Sosial. Jurnal Ilmiah Mandalika Education di terbitkan oleh Lembaga ...