Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran Asparagus, mengetahui share margin Asparagus dan menganalisis efisiensi pemasaran Asparagus. Penelitian ini berlokasi di Desa Suka Sipilihen, Kecamatan Tiga Panah. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, memberikan daftar kusioner dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tipe saluran pemasaran terdiri dari satu saluran pemasaran yaitu saluran distribusi dua tingkat (two stage channel), dari petani kepada pedagang pengumpul lalu kemudian dari pedagang pengumpul ke pedagang pengecer dan berakhir pada pedagang pengecer ke konsumen akhir. Efisiensi pemasaran pada saluran distribusi dua tingkat sebesar 18% < 33%, menunjukan bahwa pemasaran asparagus efisien. Kata Kunci: Efisiensi, Saluran Pemasaran, Pemasaran Asparagus
Copyrights © 2023