Jurnal DIMASTIK
Vol. 1 No. 2 (2023): Juli

OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING INSTAGRAM DAN TIKTOK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM BINAAN SERABUT NUSA SEMARANG

Utomo, Victor Gayuh (Unknown)
Vydia, Vensy (Unknown)
Bilqisth, Shona Chayy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

UMKM Kabupaten Semarang, utamanya UMKM yang bergerak pada bidang produksi bergabung dengan Serabut Nusa untuk membantu pemasaran produk mereka. Tidak terbatas pada hal tersebut, UMKM Kabupaten Semarang juga diharapkan mampu menjaring pasar yang lebih luas secara mandiri. Membuat konten digital marketing melalui media Instagram dan TikTok dapat menjadi salah satu cara yang ditempuh UMKM. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini berusaha memperkenalkan cara agar digital marketing melalui media Instagram dan TikTok ini dapat lebih optimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisa masalah, perumusan metode pelaksaan, pre-test, pelaksanaan pelatihan dan post-test. Pelaksanaan pelatihan sendiri terdiri dari ceramah, peragaan dan praktek. Dari perbandingan hasil pre-test dan post-test, didapatkan bahwa UMKM Kabupaten Semarang mendapatkan pemahaman tentang digital marketing sebesar 85%, meningkat 53% dibandingkan sebelum mendapatkan pelatihan. Peningkatan pemahaman terutama pada pencarian inspirasi konten, variasi konten digital marketing dan konsistensi / pencitraan merek pada konten.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dmstik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (Jurnal DIMASTIK) diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Artikel yang dipublikasikan di Jurnal DIMASTIK merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat. ...