Pendidikan sangat penting untuk manusia karena dapat memperluas perspektif intelektual dan spiritual. Guru memiliki peran penting saat pembelajaran agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa mencapai tujuan yang optimal. Pembelajaran di kelas akan lebih menarik dan tidak monoton dengan adanya strategi pembelajaran yang digunakan saat guru mengajar. Adanya beberapa masalah muncul ketika proses belajar di dalam kelas yaitu peserta didik tidak dapat memahami materi, materi yang dijelaskan oleh guru terlalu sulit difahami oleh peserta didik dan lain lain. Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton guru Fikih menerapkan strategi Interactive Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas. Guru menggunakan Strategi yang terdiri dari 7 tahapan dan bengaruh cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton. Tujuan dari adanya penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi Interactive Learning dan untuk mengetahui pengaruh strategi Interactive Learning terhadap hasil belajar Fikih pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton. Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yaitu Kuantitatif, dengan jumlah populasi 49 Peserta didik dan sampel 49 peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Interactive Learning. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu teknik penyebaran angket, dokumentasi, dan observasi. Kemudian, semua data yang diperoleh dapat dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Analisis Prasyarat. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa Strategi Interactive Learning yang diterapkan oleh pengajar Fikih di Mts Muhammadiyah 6 Beton yaitu terdiri dari 7 tahapan, diantaranya: tahap persiapan, tahap pengetahuan awal, tahap kegiatan, tahap pertanyaan siswa, tahap penyelidikan, tahap pengetahuan akhir, dan tahap refleksi. Serta adanya pengaruh yang signifikan antara Strategi Interactive Learning dengan Hasil belajar Fikih di Madrasah Muhammadiyah 6 Beton.
Copyrights © 2025