cover
Contact Name
-
Contact Email
muaraksaraiairm@gmail.com
Phone
+6285119949015
Journal Mail Official
muaraksaraiairm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar, SIMAN, PONOROGO, JAWA TIMUR 63471
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner
ISSN : 28095480     EISSN : 28095839     DOI : 10.55380
Core Subject : Social,
Muara Aksara Journal is a multidisciplinary scientific journal published by the Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. It contains research studies in the fields of Law, Education, Sharia Economics, and Social Sciences. The journal is published twice a year, in June and December.
Articles 10 Documents
POLA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM DI IAIN PONOROGO Apta Samoda, Tiksna
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v1i1.118

Abstract

Penelitian ini tentang pengaplikasian model pembelajaran mind map pada mata kuliah Sejarah Peradaban Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat: (1) pola pembelajaran mind mapping pada pembelajaran SPI di IAIN Ponorogo, (2) situasi belajar peserta didik pada pembelajaran SPI di IAIN Ponorogo, (3) Bagaimana peran pendidik selama proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini ditunjang menggunakan metode studi kasus yang berarti mengkaji secara mendalam dan dalam tenggang waktu cukup. Sumber data yang digunakan yaitu dosen mata kuliah Sejarah Peradaban Islam, serta beberapa sampel dari teman mahasiswa Tadris IPS IAIN Ponorogo. Sumber data diambil dengan teknik wawancara. Analisis data yang dipakai dari pengumpulan data yang diperoleh berikutnya direduksi, disaring, disajikan dan ditarik kesimpulannya. Penelitian memberikan hasil bahwa, (1) pola pembelajaran yang cukup mudah diikuti sehingga mampu dijalankan oleh semua mahasiswa. Dengan model mind mapping menuntut mahasiswa untuk membaca materi terlebih dahulu. Sehingga hasil yang didapatkan mampu menghadirkan data yang langsung menafsirkan cabang-cabang pikiran perancang. (2) Situasi belajar yang difasilitasi oleh pendidik kemudian dipimpin oleh mahasiswa mampu menciptakan situasi belajar yang membuat mahasiswa sangat berperan dalam proses pembelajaran, dapat menambah referensi metode pembelajaran, meningkat pengetahuan dalam menganalisis peristiwa, dan pemahaman materi dapat optimal. (3) Peran pendidik peran atau bantuan dari pendidik tersebut akan megatasi kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DIJURUSAN TADRIS IPS IAIN PONOROGO ANGKATAN 2020 Mardayanti, Tia
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v1i1.119

Abstract

The era of the Covid-19 pandemic has hit the world, including Indonesia. This covid pandemic has affected several aspects of life, including education in the IPS tadris department of IAIN PONOROGO batch 2020. Educational institutions require the process of learning activities to be carried out remotely, namely so that students carry out teaching and learning activities even though students are at home. In this case, educators must shape learning through the use of online media. In addition, this distance learning process can accommodate the teaching and learning needs of students majoring in Tadris IPS IAIN PONOROGO, to develop their skills even though it is very difficult to develop student skills. The purpose of this research is to review the problems that occur in distance learning in the Social Sciences Department of IAIN PONOROGO class of 2020 and find solutions in dealing with the obstacles that have occurred in the learning. The method used in this study is a qualitative research method which is generally in the form of data or information, using interview and observation techniques. The results obtained are that students experience many obstacles, especially on the network or data packets that are minimum or less than optimal.
PERAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL QUR’AN Naafi’u Annurun, Naafi’u Annurun
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v1i1.136

Abstract

Educational technology or learning technology is a tool to facilitate the teaching and learning process and improve performance through its use and management of technology. Educational technology can change the learning and teaching process in various school institutions, both elementary and middle level (SMA). Educational technology can make it possible to change students in learning both in various tasks or materials that they may not be able to see directly by the teacher. Technology is also a practice and development, utilization, and evaluation in the learning process. By incorporating educational technology into learning, students will find it easier to do school assignments. Educators can provide technology for students to provide learning experiences to students that may be able to realize student desires. The use of educational technology must be adapted to educational goals that involve the use of technology that can change the role of educators and students in improving thinking skills and solving problems. Educational technology really supports the teaching and learning process, because attractive learning media is a means to improve the quality of education. Educational technology has good facilities and educational media can improve the quality of education, make learning more efficient, effective and get maximum results from the teaching and learning process. Especially in this day and age the use of educational technology is very useful because it can make it easier for students when learning when they are not face to face and educational technology is now also growing rapidly. Educational technology is expected to increase learning innovation and can facilitate students in various learning problems. If learning is as effective, efficient and better, the learning process will be realized optimally.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM PEMBINAAN SIKAP SISWA DI MI BANCONG Nur Avia Lutfiana; Zamzam Mustofa
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v1i1.137

Abstract

This study describes the implantation of moral aqidah learning related to the formation of student character. This study aims to reveal how to implement moral creed learning towards the formation or trainging of students’ character faced by educators, and descriptions of planning, applying and evaluating conflicts faced by moral creed educators. Data collection uses qualitative methods, this technique is used to collect data from observations and interviews. The conclusion of the study shows that the implementation of character education in the planning of moral aqidah subjects still characterizes learning preparation and has not distributed character learning preparation, implementation in the application is still conventional, character education learning in each learning process still leads to the same pattern between early learning and so on. Furthermore, even the application of character cultivation is not in accordance with the material taught by the moral aqidah educators. The implementation of character education at the assessment level has been carrid out, but only uses one technique, namely the observation technique without improving the role of moral aqidah education at MI Bancong, Madiun.
UPAYA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING ANAK DI SDN TAPEN 2 LEMBEYAN MAGETAN Muhammad Ridlwan Rifa’I
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v1i1.140

Abstract

This article aims to determine the role of parents in assisting children's learning at SDN Tapen 2 during the covid-19 pandemic. There are 2 methods used in this case study, namely through interviews with several parents and writers using several types of writing from diaries or online news. The results show that the role of parents in general is as a motivator, educator, carer, and supervisor. In particular, the roles of parents that appear are: motivating to build children's learning enthusiasm, facilitating children's needs, supervising children to keep learning optimally, giving an award so that children do not get bored. The results of the research are also about obstacles and strategies to overcome them, the obstacles are: parents cannot optimally accompany their children because they have to work, lack of parental knowledge of the material, lack of parental knowledge of gadgets. Not all parents can overcome these obstacles, because it takes a long time for parents to understand it. The solution that can be done is to provide encouragement that inspires, consolation and an appreciation.
WANPRESTASI DAN PENYELESAIANNYA DALAM PERJANJIAN SEWA-MENYEWA MOBIL : STUDI KASUS DI CV ILHAM MOTOR JALAN DAHLIA GANDU MLARAK PONOROGO TAHUN 2021) Layla
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 5 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v5i1.677

Abstract

Default and Settlement in Car Rental Agreements (Case Study on CV Ilham Motor Dahlia Jalan Gandu Mlarak Ponorogo) in 2021. The formulation of the problem in this research is (1) How does a default occur in a car rental agreement at CV Ilham Motor Jalan Dahlia Gandu Mlarak Ponorogo? , (2) What are the forms of default that arise in the implementation of the car rental agreement at CV Ilham Motor Jalan Dahlia Gandu Mlarak Ponorogo?, (3) How is the settlement of default in the implementation of car rental? car rental agreement at CV Ilham Motor Jalan Dahlia Gandu Mlarak Ponorogo?, This study aims to (1) find out the incident of default in the car rental agreement that occurred at CV Ilham Motor, (2) find out the forms of default in the car rental agreement that occurred in CV Ilham Motor, (3) to find out the settlement of default problems in implementing the car rental agreement at CV Ilham Motor. In this study, researchers used descriptive analysis and field research, with a qualitative approach.
PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024: PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023-2024 suciana winuryani
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 5 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v5i1.911

Abstract

Dalam kebijakan merdeka belajar, Kementerian Agama RI secara jelas menginginkan upaya penguatan Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin. Berdasarkan KMA 347 Tahun 2022 penguatan profil pelajar Pancasila di lingkungan madrasah diproyeksikan pada dua aspek yaitu Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo adalah salah satu madrasah yang menggunakan kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaranya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penguatan moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penguatan moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa 1) penguatan moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin dilakukan dengan berbagai kegiatan di dalam madrasah maupun di luar madrasah sesuai dengan tema dari proyek tersebut. 2) faktor pendukung dari penguatan moderasi beragama terhadap peserta didik melalui proyek penguatan profil Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin yaitu stakeholder terdiri dari kepala sekolah, guru, peserta didik, masyarakat madrasah dan juga orang tua wali. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah sarana prasarana yang kurang memadai, juga lingkungan masyarakat dari peserta didik
pengaruh startegi interactive learning terhadap hasil belajar fikih peserta didik di madrasah tsanawiyah muhammadiyah 6 beton tahun pelajaran 2023-2024 fajar, prima
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 5 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v5i1.1073

Abstract

Pendidikan sangat penting untuk manusia karena dapat memperluas perspektif intelektual dan spiritual. Guru memiliki peran penting saat pembelajaran agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa mencapai tujuan yang optimal. Pembelajaran di kelas akan lebih menarik dan tidak monoton dengan adanya strategi pembelajaran yang digunakan saat guru mengajar. Adanya beberapa masalah muncul ketika proses belajar di dalam kelas yaitu peserta didik tidak dapat memahami materi, materi yang dijelaskan oleh guru terlalu sulit difahami oleh peserta didik dan lain lain. Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton guru Fikih menerapkan strategi Interactive Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas. Guru menggunakan Strategi yang terdiri dari 7 tahapan dan bengaruh cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton. Tujuan dari adanya penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi Interactive Learning dan untuk mengetahui pengaruh strategi Interactive Learning terhadap hasil belajar Fikih pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Beton. Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yaitu Kuantitatif, dengan jumlah populasi 49 Peserta didik dan sampel 49 peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Interactive Learning. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu teknik penyebaran angket, dokumentasi, dan observasi. Kemudian, semua data yang diperoleh dapat dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Analisis Prasyarat. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa Strategi Interactive Learning yang diterapkan oleh pengajar Fikih di Mts Muhammadiyah 6 Beton yaitu terdiri dari 7 tahapan, diantaranya: tahap persiapan, tahap pengetahuan awal, tahap kegiatan, tahap pertanyaan siswa, tahap penyelidikan, tahap pengetahuan akhir, dan tahap refleksi. Serta adanya pengaruh yang signifikan antara Strategi Interactive Learning dengan Hasil belajar Fikih di Madrasah Muhammadiyah 6 Beton.
OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MEINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS UNGGULAN III A MADRASAH TSANAWIYAH WALI SONGO PUTRI NGABAR : Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran FIKIH kelas unggulan III A Rizka, Anzalna Rizka Rusdila
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 5 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v5i1.1117

Abstract

Optimalisasi media digital dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, pada Upaya penerapan media digitaldi dalam kelas ini hendaknya diterapkan secara optimal, agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, maksimal dan juga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam optimalisasi penggunaan media digital dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fikih di kelas unggulan III A Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” putri Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Optimalisasi media digital dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran FIKIH di kelas unggulan III A Madrasah Tsanawiyah “Wali Songo” Putri Ngabar Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024 ini berdampak positif dan efektif bagi peningkatan minat belajar peserta didik di dalam kelas.
Dampak DAMPAK SAMPAH TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN DAN MANUSIA: Sampah Asung, Matilda
Muara Aksara: Jurnal Ilmiah Multidisipliner Vol. 5 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadhlotul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/muara.v5i1.1129

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling serius dan berdampakluas terhadap kesehatan lingkungan dan manusia. Artikel ini membahas persepsimasyarakat terhadap sampah, klasifikasi sampah, dampak sampah sebagai bahanpencemar lingkungan (pencemaran udara, air, dan penyebab banjir), serta dampaknyasebagai sumber penyakit. Selain itu, artikel ini juga mengulas potensi sampah sebagaibahan baku yang dapat dimanfaatkan dan upaya pemerintah dalam penanggulanganbencana banjir akibat sampah. Studi ini bertujuan memberikan pemahamankomprehensif tentang bahaya sampah dan solusi pengelolaannya demi kesehatanlingkungan dan manusia.Pada saat ini sampah selalu menjadi segala sesuatu yangmemang dianggap semua orang sudah kotor dan memang harus dibuang ke tempat baksampah. Karena apabila sampah tersebut dibuang dengan sembarang tempat makanakan menimbulkan sumber pada pencemaran di tempatnya pun bukan tetapi ini akanmenjadi lebih baik atau sudah terselesaikan,dengan begitu akan muncul lagi masalahterbaru pada saat pembuangan sampah terakhir. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskanbahwa penting nya kita untuk mengetahui dalam pengelolaan sampah serta dampak nyabagi lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penilitan ini adalah MetodeKualitatif. yang di mana dengan studi literatur yaitu penelitian yang ditemukan darisumber data yang diperoleh melalu berbagai sumber buku – buku , jurnal – jurnal ilmiahyang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Dari Hasil penelitian menunjukanbahwa sampah ini tidak harus dibuang semestinya tetapi kita juga harus bisa mengeloladan membedakan sampah yang akan bermanfaat dan bisa menjadikan sesuatu yangberguna dan bernilai ekonomi. Demikian pada persepsi tentang sampah meski harusdirubah dari yang harus dibuang dapat dijadikan sebuah karya yang bermanfaat.Kata Kunci : Sampah, Kesehatan Lingkungan, Manusia

Page 1 of 1 | Total Record : 10