Garolaha Social Humaniora Journal
Vol. 2 No. 2 (2025): SEPTEMBER

Pemanfaatan Instagram Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran : Studi Kasus Usaha Buket Bunga @Pitanola.id di Tidore Kepulauan

Husen , Nursakina (Unknown)
Ali, Abdulkadir (Unknown)
Hasan, Hasmayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan instagram sebagai media Komunikasi Pemsaran yang digunakan salah satu pelaku usaha rumahan buket bunga @pitanola.id di  Kota Tidore Kepulauan, serta apa saja yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi pemsaran.  Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran oleh @pitanola.id dilakukan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mencapai omzet yang efektif. Pitanola mampu membangun kepercayaan,loyalitas,serta memperluas jangkauan pasar secara organik. Faktor penghambat  yang ditemukan antara lain keterbatasan tenaga kerja,minimnya distribusi digital,serta promosi yang belum optimal Akan tetapi keberhasilan usaha bisa dicapai  karena adanya faktor pendukung yaitu kekuatan relasi interpersonal dan kepuasan pelanggan yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pemasaran berbasis instagram jika dijalankan secara kreatif dan berkelanjutan,dapat menjadi solusi efisien dan berdampak bagi pelaku usaha kecil di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gshj

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Garolaha Social Humaniora Journal (GSHJ) merupakan jurnal akademis yang bertujuan memberikan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk membagikan temuan terkini mereka dalam berbagai bidang ilmu humaniora dan sosial. Fokus utama GSHJ adalah memajukan penelitian berkualitas tinggi ...