Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 1 No. 02 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal

Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Teknik Modelling

Merti Pomaalo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Annjamus Shagir Kota Gorontalo melalui Teknik Modeling, yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan Teknik Modeling dalam pembelajaran dapat meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Annajmus Shagir Kota Gorontalo. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari lembar observasi kemampuan kemandirian anak dalam kegiatan makan bersama di mana pada siklus 1 tingkat ketuntasan belajar adalah sebesar 54%, pada siklus 2 terjadi peningkatan yakni sebesar 97% . Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan kemandirian anak dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 43%.Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sebaiknya dilakukan secara periodik, karena dengan pelaksanaan PTK secara periodik akan diketahui perkembangan anak dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...