Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 2 No. 01 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal

Pembiasaan Sikap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo

Djafar, Osin (Unknown)
Kasidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangipembiasaan sikap disiplin di TK Aster, Kec. Pulubaladimanapembiasaandilakukandenganmemberikancontohataupunmenjadi tauladan bagi peserta didik sertapada saat pembelajaran dikelas mulai berlangsungdan juga di luar kelas.Dalampengumpulandata,penelitimenggunakanmetodeobservasi,wawancaradandokumentasi, yang digunakanuntukmengumpulkandatamengenaikeadaansekolah,kondisisaranaprasarananya,sertapembiasaan sikap disiplin anakdi TK Aster. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaanak dibiasakan untukmenunggugiliransesuai urutan dan tidak saling mendahului ketika masuk ruang belajar atau ruang bermain.Demikian pula ketika kegiatan pembelajaran usai dilaksanakan, anak dibiasakan menunggugiliran masing-masing (2) Faktor pendukung dan penghambat faktor pendukung diataranyaseperti adanya motivasi dari pendidik dan adanya antusiasa dari anak didik, namun dalampembiasaan sikap disiplin pulamemiliki hambatanyakni kurangnya kerja sama orang tuadalamembiasakan anak untuk antridilingkungan keluarga.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...