Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 2 No. 02 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal (ECIE)

Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo

Indak, Yuni Basri (Unknown)
Wiwik Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah kepala TK, 4 guru, dan 1 orangtua anak didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Gambaran kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo adalah tanggung jawab (membereskan mainan sendiri, merapikan bukunya sendiri, membuang sampah pada temptanya sendiri dan mampu mengambil keputusan sendiri) dan mandiri (cuci tangan sendiri, makan sendiri, menyimpan peralatan tulis menulis sendiri, dan mandi sendiri); 2)Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yaitu memberikan pembiasaan, pengutan mental, bimbingan, dan pemberian contoh; 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yaitu faktor pendukung yaitu dukungan dari orangtua, faktor penghambat yaitu faktor internal dan faktor eksternal (lingkungan sekitar dan kurangnya pembiasaan dari orangtua).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...