Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 02 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal

Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Gorontalo

Arsyad, Lukman (Unknown)
Nur Hasan, Sintya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Lembaga pendidikan atau sekolah merupakan tempat yang memiliki kuasa dalam penelenggaraan proses belajar mengajar secara sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berperilaku terpelajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantara pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam mewujudkan Sekolah Ramah anak yaitu, sudah adanya Standar Pelayanan Minimal, adanya tindakan pencegahan tindak kekerasan, adanya penegakan disiplin non diskriminatif, adanya komitmen kawasan bebas rokok, Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Mengadakan pelatihan guru Pelatihan-pelatihan yang dilakukan memang tidak secara spesifik membahas tentang ramah anak, akan tetapi muatannya mengarah pada bagaimana menjadi guru yang mampu menciptakan suasana ramah anak. Pemenuhan sarana- prasarana yang ramah anak Melibatkan Orang tua dan masyarakat. Dengan keenam upaya yang dilakukan oleh sekolah ini dapat mewujudkan sekolah ramah anak di TK Negeri Pembina  Tetapi memang masih ada beberapa hal yang harus dimaksimalkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...