Early Childhood Islamic Education Journal
Vol. 5 No. 02 (2024): Early Childhood Islamic Education Journal

Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Suku Kata Melalui Permaianan Kartu pada Kelompok B

Lulus Nursukmaning Ayu (Unknown)
Akhmad Jazuli Afandi (Unknown)
suharni, suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini sangat penting. Hal ini akan berpengaruh pada tahap kemampuan anak yang lainnya. Kemampuan anak dalam mengenal suku kata pada TK Pertiwi Tanggungan sangatlah kurang. Kegiatan mengenal suku kata meliputi kemampuan pada aspek bahasa yaitu membaca dan menulis. Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal suku kata dikarenakan dikarenakan selama ini metode yang kurang tepat dalam pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik. Hal ini disebabkan siswa jenuh, bosan, acuh tak acuh dan pasif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelompok B TK pertiwi Tanggungan.  Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan dua siiklus dengan tiap siklus menggunakan tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3 Observasi/pengamatan dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa meningkat dari 55,6% pada siklus I menjadi 83,88% pada siklus II. Permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal suku kata di kelompok B TK Pertiwi Tanggungan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai rujukan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ECIEJ

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Early Childhood Islamic Education Journal adalah Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Publikasi Early Childhood Islamic Education Journal dapat berupa ...