Jurnal Studi Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MI Kholid Bin Walid, Plangkrongan, Poncol, Magetan.

Nihayah, Ummu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ialah agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Metode penelitian ialah penelitian tindakan (action research). Temuan ialah hasil penelitian dan pengamatan terhadap sumber data siswa. Minat siswa pada mata pelajaran IPA tergolong tinggi, terbukti dengan hasil nilai ujian siswa pada mata pelajaran IPA yang tergolong tinggi dan peneliti juga menemukan bukti lain seperti siswa sangat aktif dalam belajar IPA di kelas, siswa berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada proses pembelajaran. Argumen ialah hasil penelitian dengan sumber data siswa dan angket yang dikumpulkan, minat siswa mata pelajaran IPA pada indikator pengetahuan memperoleh angka 70,53% untuk kelas IV MI Kholid Bin Walid dan 67,24% untuk kelas IV atau dapat dikatakan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSPED

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Studi Pendidikan Dasar atau JSPED adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI YPBWI Surabaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam ...