Pendidikan karakter merupakan usaha atau upaya yang dilakukan bersama untuk menanamkan serta mengembangkan nilai-nilai karakter kepada para siswa. Salah satu cara dalam menerapkan Pendidikan karakter adalah melalui program pembiasaan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan karakter di MI Al-Musthofawiyah palang melalui pembiasaan baca tulis Juz ‘amma dan kaleng infaq GISA, tantangan pelaksaan program, dan dampak dari program tersebut. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Teknik interview dan observasi langsung. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian menyajikan data berupa uraian singkat, dan menarik Kesimpulan. hasil dari penelitian ini adalah kedua kegiatan tersebut didalamnya terdapat beberapa penerapan nilai pendidikan karakter, seperti religius, jujur, tanggung jawab, dan peduli sosial. Ada beberapa tantangan dalam pelaksanaan program tersebut, tantangan tersebut datang dari peserta didik sendiri. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut muncul beberapa dampak positif yang dapat melatih dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang ada pada diri peserta didik. Program tersebut layak direkomendasikan untuk diimplementasikan pada berbagai jenjang pendidikan.
Copyrights © 2025