Penelitian ini artinya penelitian pengembangan yg dikembangkan menggunakan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, serta Penyebaran).Penelitian ini bertujuan buat mengetahui taraf kelayakan para ahli yaitu pakar materi, ahli media dan pengajar mata pelajaran serta buat mengetahui yang akan terjadi belajar siswa terhadap media Pembelajaran E-modul Sulaman Inggris pada Mata Pelajaran Hiasan kostum Kelas XI SMKN 1 Jabon.Metode pengumpulan data memakai angket penilaian dan uji kelayakan media sang ahli Materi, pakar Media dan pengajar Mata Pelajaran serta tembar tes kognitif serta psikomotor buat siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis naratif buat memasak data akibat validasi kelayakan media dan data akibat belajar peserta didik. akibat penelitian memberikan hasil menjadi berikut, (1) taraf kelayakan media oleh ahli bahasa menggunakan skor rata-homogen 3,59 yang dinyatakan Sangat Baik buat diuji cobakan. taraf kelayakan media oleh pakar Materi menggunakan skor homogen-homogen 3,66 yg dinyatakan Sangat Baik untuk diuji cobakan. taraf kelayakan media sang pakar Media menggunakan skor homogen-homogen 3,41 yang dinyatakan Sangat Baik untuk diuji cobakan. tingkat kelayakan media oleh guru Mata Pelajara menggunakan skor rata-rata. (dua) hasil belajar peserta didik sinkron menggunakan keriteria ketuntasan hasil belajar yakni 80≤. dapat dipandang sebelum diberikan media pembelajaran E-Modul dari 36 siswa yang dinyatakan tuntas hanya 7 anak menggunakan nilai homogen-homogen 70. serta selesainya diberikan media pembelajaran E-Modul akibat belajar peserta didik meningkat hingga 14% menggunakan homogen-homogen nilai 84 serta jumlah siswa yg tuntas 32 dari 36 peserta didik. Menggunakan demikian media pembelajaran E-Modul pembuatan hiasan pakaian menggunakan sulaman inggris dinyatakan mampu menaikkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : E-Modul, Media Pembelajaran, Pengembangan Pembuatan hiasan busana, Sulaman inggris.
Copyrights © 2024