Jurnal Online Tata Busana
Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA ELEMEN TEKNIK DASAR MENJAHIT BUSANA ANAK FASE E TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 JABON

Karunia, Hanis Esa (Unknown)
Rahayu, Imami Arum Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan capaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menjahit busana anak melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study, penelitian dilakukan pada 31 siswa Fase E kelas DPB 2 Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jabon. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan PjBL berdampak positif terhadap pemahaman materi siswa dan pencapaian hasil belajar di atas KKTP. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran tercatat sebesar 91,8% (kategori sangat baik), dengan nilai rata-rata kelas 84,6% dan ketuntasan klasikal 87%. Temuan ini menegaskan efektivitas PjBL dalam meningkatkan hasil belajar menjahit busana anak. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Busana Anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-tata-busana

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan ...