Jurnal Online Tata Busana
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBUATAN PECAH POLA BLUS PADA SISWA TATA BUSANA FASE E DI SMK NEGERI 1 JABON

Ardianti, Nikita Putri (Unknown)
Hidayati, Lutfiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan guna mengeksplorasi dampak penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menyangkut dua aspek inti yang diteliti: (1) implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan (2) hasil belajar dalam pemecahan pola. Riset ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jabon dengan menggunakan metodologi deskriptif melalui kerangka kerja pra-eksperimental dan desain studi kasus tunggal. Sampel penelitian meliputi Kelas X DPB 1, yang terdiri dari 32 siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi serta evaluasi kinerja siswa, menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian hasil belajar sebagai alat. Analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menghitung rata-rata hasil observasi dan mengklasifikasikan skor hasil belajar menjadi kategori lengkap atau tidak lengkap. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa implementasi model PBL tersebut mencapai skor observasi rata-rata 87%, dikategorikan sebagai sangat efektif. Sebanyak 94% siswa mencapai (KKTP).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-tata-busana

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan ...