Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu metode pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa melalui pelaksanaan proyek autentik yang berhubungan pada materi pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar dan mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas XI DPB SMK Negeri 2 Lamongan menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisiskan bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI DPB di SMK Negeri 2 Lamongan sesudah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas XI jurusan Desain Produksi Busana. Teknik pengumpulan data dibuat pada dokumentasi nilai hasil belajar pada pembelajaran pembuatan busana industri dan penyebaran angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier untuk mengetahui hubungan diantara variabel bebas (model PjBL) dan variabel terikat (motivasi belajar). Hasil analisis memberi petujuk jika adanya pengaruh yang signifikan diantara model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada nilai Fhitung = 94,953 dan signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya model regresi linier yang digunakan valid untuk memprediksi pengaruh antar variabel. Dengan demikian, sudah dibuktikan jika penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat memberi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pembuatan busana industri. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL sebagai alternatif model pembelajaran yang bisa memberi peningkatan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa di sekolah kejuruan.
Copyrights © 2025