Pemanfaatan video sebagai sarana pembelajaran dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan, kreativitas, memperdalam daya pikir, serta menumbuhkan antusiasme dan keingintahuan siswa. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kelayakan Pengembangan Video Tutorial Pola Dasar Badan Sistem Porrie Muliawan; (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan media video tutorial pembuatan pola dasar badan sistem Porrie Muliawan; (3) Mengetahui respons siswa terhadap Pengembangan Video Tutorial Pola Dasar Badan Sistem Porrie Muliawan. Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Sampel penelitian merupakan siswa kelas X Desain dan Produksi Busana 2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu validasi ahli, tes, dan angket respons siswa. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kelayakan video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan diperoleh hasil sebesar 88 dengan kategori sangat layak, (2) Hasil belajar siswa menggunakan video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan, memperoleh skor ketuntasan hasil belajar klasikal 88, (3) Respons siswa terhadap video tutorial pola dasar badan sistem Porrie Muliawan sangat positif, dengan skor mencapai 91. Kata Kunci: Media Video Tutorial, Pola Dasar Badan, Sistem Porrie Muliawan
Copyrights © 2024