Student engagement merupakan salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan pada siswa.Ketika siswa memiliki student engagement siswa akan cenderung terlibat secara perilaku, emosi dankognisi didalam proses pembelajaran, sehingga ini akan berdampak terhadap prestasi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan motivasi belajar dan dukungan sosialteman sebaya dengan student engagement pada siswa MA Darussakinah Batu Bersurat. Sampelpenelitian adalah siswa MA Darussakinah Batu Bersurat dengan jumlah sampel 124 Siswa. Datapenelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala motivasi belajar, dukungan sosial teman sebayadan student engagement. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dandukungan sosial teman sebaya dengan student engagement dengan nilai R=0,693 dan nilai sig=0,000(0,000 < p 0.05). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu terdapat hubunganmotivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan student engagement pada siswa MADarussakinah Batu Bersurat. Selain itu, dengan melihat nilai Adjust R Square maka sumbangan efektifmotivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan student engagement sebesar 68.8%.Penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya merupakansalah satu faktor yang mempengaruhi student engagement siswa. Artinya dengan meningkatkanmotivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya pada siswa maka hal ini dapat pula meningkatkanstudent engagement.
Copyrights © 2022