Dunia pendidikan dewasa ini banyak diwarnai oleh ketidakjujuran, kebohongan, dan manipulasi yang disebut dengan academic dishonesty. Academic dishonesty dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya self-control dan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 271 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probabilitas sampel dengan jenis cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala academic dishonesty, self-control dan self-esteem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-control dan self-esteem dengan academic dishonesty di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi self-control dan self-esteem yang dimiliki siswa maka semakin rendah tingkat academic dishonesty pada siswa di salah satu SMA Kecamatan Tambang. Kemudian hubungan antara academic dishonesty secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 47,2% dan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Academic Dishonesty, Self-Control, Self-Esteem
Copyrights © 2025