Kemampuan berbicara di depan umum pasi Tunggal, Cetak Miring dan dalam Satu Paragraph) (public speaking) merupakan keterampilan esensial yang secara langsung memengaruhi efektivitas pengajaran dan kepercayaan diri guru. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi public speaking yang efektif guna meningkatkan kepercayaan diri guru di Kabupaten Ngawi. Menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), kegiatan pengabdian ini melibatkan guru secara aktif dalam proses identifikasi masalah, perumusan solusi, dan evaluasi hasil. Pelatihan difokuskan pada penerapan berbagai gaya public speaking, seperti improptu, manuscript, memorized, dan extempore, serta pendekatan simulasi presentasi dan teknik relaksasi untuk mengatasi kecemasan saat berbicara. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri guru untuk melakukan presentasi berbicara di depan umum dengan baik melalui praktik dan simulasi yang intensif, keterampilan komunikasi, serta kualitas interaksi dengan siswa. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa public speaking bukan hanya meningkatkan performa berbicara dan mengajar, tetapi juga membentuk hubungan pedagogis yang lebih kuat, meningkatkan motivasi belajar, serta menciptakan suasana belajar yang lebih inspiratif dan partisipatif.
Copyrights © 2025