Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan merevitalisasi tradisi literasi Islam Nusantara melalui pelatihan penulisan huruf Pegon bagi siswa madrasah ibtidaiyah. Program ini dilaksanakan di wilayah pedesaan religius dengan karakter masyarakat berbasis pesantren, yang sebagian besar siswanya belum mengenal huruf Pegon. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif kolaboratif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Data diperoleh melalui observasi, pre-test, post-test, dan wawancara dengan guru serta peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis huruf Pegon sebesar 42,5% dan peningkatan motivasi literasi sebesar 85%. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat keterampilan teknis siswa, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan intelektual Islam lokal. Program ini menjadi model pengabdian masyarakat yang efektif dalam mengintegrasikan literasi tradisional ke dalam sistem pendidikan dasar Islam serta memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan madrasah dalam implementasi tridarma perguruan tinggi.
Copyrights © 2024