Kesadaran lingkungan pada anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya di Kabupaten Cirebon masih sangat rendah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pendidikan yang lebih adaptif dalam membangun kesadaran ekologis, khususnya bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan program ekoliterasi berbasis kearifan lokal sebagai strategi pedagogis yang inovatif dalam menanamkan nilai-nilai kesadaran lingkungan pada siswa ABK. Metode kegiatan pengabdian dilakukan melalui tahapan monitoring, sosialisasi dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi tersebut dilakukan untuk mengamati pola perubahan perilaku anak-anak SLB sebelum pelaksanaan dan setelah kegiatan sosialisasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis kearifan lokal secara efektif meningkatkan pemahaman siswa ABK tentang ekoliterasi, sekaligus memperkuat rasa tanggung jawab siswa terhadap pelestarian lingkungan sekitar.
Copyrights © 2025