Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru numerasi sesuai kerangka kompetensi literasi dan numerasi guru Sekolah Dasar. Dengan meningkatkan kemampuan berhitung, guru diharapkan dapat memberikan dampak terhadap siswa sehingga menghasilkan generasi yang mahir berhitung. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Peserta pelatihan pada kegiatan ini adalah seluruh guru di SDN Majasem II Cirebon. Ada dua kegiatan utama dalam pelatihan ini, yaitu pelatihan berhitung yang bertujuan agar guru memahami pentingnya berhitung dalam kehidupan sehari- hari, dan pentingnya berhitung dimasukkan sebagai konten dalam pembelajaran lainnya. Kegiatan pokok yang kedua adalah pelatihan pembuatan alat peraga numerasi sederhana sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami numerasi sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap konsep numerasi, dengan 86% menunjukkan kemampuan yang meningkat dalam membedakan numerasi dan matematika serta mengintegrasikan pendekatan lintas mata pelajaran. Pelatihan berhasil mengubah perspektif guru tentang numerasi sebagai keterampilan universal yang dapat diterapkan di semua mata pelajaran. Guru mengembangkan alat peraga praktis yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang pengembangan profesional dalam pendidikan numerasi, menyediakan strategi berbasis bukti untuk peningkatan kapasitas guru di negara berkembang.
Copyrights © 2021