Era digital memberikan peluang besar bagi perempuan pembelajar untuk berkontribusi dalam dunia kreatif, khususnya dalam penulisan dan penyebaran konten. Namun, rendahnya penguasaan teknologi dan minimnya akses terhadap pelatihan yang relevan sering menjadi kendala. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelatihan pemanfaatan literasi digital menggunakan aplikasi Canva terhadap peningkatan kreativitas penulisan konten di kalangan perempuan pembelajar. Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan Canva sebagai alat desain grafis yang mudah digunakan dalam menciptakan konten menarik, informatif, dan profesional. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung dan pendampingan secara daring kepada 30 peserta perempuan, yakni Komunitas Perempuan Pembelajar dengan berbagai latar belakang pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam memanfaatkan Canva untuk menulis dan memvisualisasikan konten, serta 78% di antaranya mampu menghasilkan konten kreatif yang sesuai dengan target audiens. Studi ini merekomendasikan pelaksanaan pelatihan serupa secara berkelanjutan untuk memberdayakan perempuan di era digital.
Copyrights © 2024